Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI dan Pelatihan Metakognitif

Juli 24, 2008 at 4:15 am 1 komentar

Senin, 14 Juli 2008. Bertempat di kelas L PPPPTK Matematika, diselenggarakan Seminar PMMP (Pendidikan, Matematika, dan Media Pembelajaransebagai lanjutan dari kegiatan perdana seminar yang diselenggarakan unit riset dan pengembangan. Kegiatan ini menampilkan dua pemakalah. Dalam sesi pertama disajikan tema tentang pengaruh pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI dan pelatihan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD.

Materi disampaikan oleh Sri Wulandari Danoebroto, S.Si, M.Pd, staff Laboratorium matematika PPPPTK Matematika. Materi yang disampaikan tersebut merupakan hasil tesis Ibu Sri Wulandari Danoebroto, S.Si, M.Pd ketika menyelesaikan pasca sarjana pendidikan matematika di UNY. Dalam presentasinya disampaikan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRmerupakan salah satu inovasi pembelajaran matematika yang potensial untuk meningkatkan koneksi siswa dengan konsepkonsep matematika karena dalam PMR konsep matematika diperoleh melalui proses berfikir siswa sendiri atau berpusat pada  siswa.

Selain itu disampaikan jug asiswa perlu memiliki keterampilan memantau proses berfikirnya untuk mencapai keberhasilan dalam memecahkan masalah. Kemampuan metakognitif merupakan keterampilan memantau dan mengatur proses berpikirnya sendiri. merupakan hal yangmenarik apabila pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dipadukan dengan kegiatan yang melatih kemampuan metakognitif siswa atau pelatihan metakognitif.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan pemecahan maslah siswa dengan pelatihan metakognitif saja tidaklah seefektif apabila strategi pembelajaran tersebut dipadukan dengan pendekatan PMRI. Ditinjau dari respon siswa yang diteliti dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dan pelatihan matakognitif dapat tercaapi salah satu tujuan pembelajaran pemecahan masalah, yaitu mengembangkan perilaku dan keyakinan yang mendukung pemecahan masalah.

Dalam seminar ini dibuka juga sesi tanya jawab dan tanggapan dari peserta seminar tentang materi yang disampaikan.

Ditulis oleh : Omietha (Unit Riset dan Pengembangan)

Entry filed under: Informasi. Tags: , , , .

Mathematics Mobile Learning Memanjakan Karyawan Ala “Google”

1 Komentar Add your own

  • 1. rangga  |  Februari 12, 2009 pukul 1:23 am

    kok cuma sedikit materinya ak pengen lebih banyak lagi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


TENTANG BLOG

Blog MTIK sebagai sarana informasi dan komunikasi serta tempat menuangkan gagasan / ide-ide cemerlang di unit MTIK sendiri ataupun PPPPTK Maematika pada umumnya, baik yang berhubungan dengan Pendidikan, Matematika, Teknologi, dan topik umum lainnya. Mohon masukkan & sarannya agar blog ini semakin berkembang dikemudian hari. Silahkan kunjungi web resmi di : www.p4tkmatematika.com

My Date

Juli 2008
S S R K J S M
    Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori


%d blogger menyukai ini: